eFKa UNSOED 2010

ini blog di buat untuk mempermudah anak-anak fakultas kedokteran UNSOED 2010 dalam berbagi segala hal antara yang satu dengan yang lainnya.

Friday, January 14, 2011

buku-buku usulan dari kakak kelas

Assalamu alaikum wr.wb

Lama ga buat notes lagi, tapi kayaknya ini note saya yg sedikit berbeda temanya.. hehehe
Buat adik2ku angkatan 2010 yang sedang bingung atau mungkin udah tahu tapi ragu mau pilih yang mana, ini ada beberapa list buku atau literatur yang bisa kalian punya buat semester 2.. Saya tegaskan yaa,, ga usah beli kok.. bisa pinjem ke kakak kelasnya,, atau biar irit sekosan beli satu,, hehehe... saya ga nyaranin beli yang KW ya,, tapi kalau mau terserah..

BSHB (Basic Science of Human Body)
Haha,, blok awal yang mungkin cukup menyita perhatian,, ini harus pada semangat ya.. kalau bisa kuasain blok ini,, biar kedepannya jadi gampang,,
Ada beberapa buku yang saya sarankan

1. Atlas Anatomi “SOBOTTA” (URGENT!! PENTING!!!!)
Sepertinya ini buku wajib anak kedokteran.. hehehe,, kalau minjem kayaknya susah.. Buku ini membahas anatomi manusia dari yang gede2 ampe yang kecilnya minta ampun.. Mungkin banyak, tapi buat materi BSHB ga banyak2 kok,, ikuti apa yang sudah disusun oleh asisten anatomi buat praktikum kalian, pelajari dengan Sobotta.. Enaknya Sobotta dibanding buku lain tuh gambarnya jelas, tajam, terus terlihat sekali perbedaan tiap bagian organ. Bedanya vena dan arteri, bedanya saraf, otot, wah pokoknya bagus..
Kalau alternatif, ada Yokochi,, keunggulannya buku ini gambarnya gambar Cadaver, bukan gambaran komputer seperti Sobotta, hanya tak sejelas dan seenak Sobotta..

2. Fundamentals of Anatomy & Physiology “MARTINI” (URGENT!! PENTING)
Ini juga buku wajib buat BSHB,, tapi sekali lagi,, bisa pinjem kok.. Pengalaman tahun lalu, BSHB tuh belajarnya berdasarkan buku ini,, tiap kuliah disusun berdasarkan bab di buku ini,, asal belajar buku ini BSHB lulus lah..
Buku ini walaupun bahasa Inggris tapi bacanya mudah,, terus pembahasannya tepat sasaran sesuai judulnya, Fundamentals alias dasar.. Ada latihan soalnya pula di akhir bab, dan (psstt,,,) kadang2 soal di belakang ada yang keluar pas ujian kompre.. hehehe
Kalau alternatif ada Tortora. Basicly, sama aja kayak Martini, tapi saya lebih suka Martini karena menurut saya lebih asik gambar dan bahasanya..

3. Kamus Kedokteran DORLAND (PENTING!!)
Ahaha,, ini juga buku wajib. Namanya BSHB, kalian diajarkan mengetahui konsep dasar kedokteran. Bukan hanya anatomi, fisio, histo, atau patologi aja.. tapi juga istilah-istilahnya.. di PBL malah lebih sering membahas definisi kata-kata (tahun lalu seperti itu),, dan patut digaris bawahi, kata-kata yang sering keluar harap diingat2 biar membantu untuk proses belajar kalian. Saran, kalau beli Dorland ga usah yang gede.. Berat dan mahal,,, yang kecil aja.. Tapi kalau mau juga terserah.. Saya sih yang kecil cukup.. udah cukup komprehensif kok..



LC (Life Cycle)
DI blok ini kalian belajar siklus hidup manusia, dari masa pembuahan sampai mati.. Sebenarnya, di blok ini ga ada buku wajibnya sih.. tapi ini ada beberapa rekomendasi buku dari saya..

1. Buku FISIOLOGI (apapun, terserah mau SHERWOOD, GUYTON, atau GANONG) (PENTINGG!!!!! URGENT!!!)
Buku fisiologi tuh buku wajib juga wat kuliah. Di semester berikutnya kalian akan sangat butuh buku ini. Di atas kan ada 3 pengarang tuh, terus mana yang paling baik?? Dari pandangan saya sih, saya lebih suka Guyton. Guyton tuh bahasanya mudah dipahami, dan pembahasannya juga cukup mendalam dan komprehensif. Bagus banget. Sherwood tuh buku Fisiologi yang paling simple. Basic dan mudah dipahami. Hanya saja pembahasannya tidak sedalam Guyton. Ganong tuh buku fisiologi yang paling komplit pembahasannya sampai kedokteran molekuler pun dikupas habis. Sayangnya, kalau kata saya sih,, bahasanya cukup rumit. I prefer Guyton, tapi terserah kalian.
Saran saya, kalau mau punya semua, buat yang ngekos sama kawan2nya,, mending satu orang beli Guyton, satu orang beli Sherwood, satu lagi beli Ganong.. jadi kan bisa tukeran tuh.. heheh

2. Embriologi Kedokteran LANGMAN
Ini buku ngebantu banget buat PBL. Buku ini membahas bagaimana proses penciptaan manusia dari gametogenesis (pembentukan sel gamet), pembuahan, perkembangan janin, hingga kelahiran. Juga sedikit penyakit yang bisa timbul ketika masa kehamilan. Buku ini ga wajib sebenarnya, tapi cukup bagus buat dimiliki.

3. Tumbuh Kembang Anak (yang sampulnya hijau)
Waduh, saya lupa ini pengarangnya siapa.. Tapi buku ini juga bagus buat bahan PBL kalian. Membahas tentang perkembangan anak secara tuntas. Saya sih ga punya buku ini, dan kata saya juga ga terlalu penting. Tapi temen2 saya yang sering ngomong di PBL waktu LC pegangannya tuh buku ini (pas bagian yang ngebahas anak),, jadi at least okelah buat dimiliki.

CHEM II
Kembali lagi deh ketemu CHEM,, blok yang kuliahnya ga padat tapi laporannya banyak. Hehhe (maaf kalau ada yg tersinggung).. Walau kuliahnya ga padat, tapi tetep belajar harus kencang. Blok ini mungkin sudah pada tahu yaa,, kalau CHEM I kan kita ngebahas simpul A, yaitu tentang agent2 penyakit dan toksik2 gitu.. di CHEM II kita membahas bagaimana agent tersebut bisa masuk ke dalam tubuh manusia,, di simpul B.. Buku yang dimiliki tuh ga banyak,, sama kayak CHEM I aja.. malah ga usah pake buku juga bisa.. (hehehehehehee),, tapi kalau mau beli,, ini ada yang direkomendasiin..

1. BIOKIMIA HARPER (PENTING!!)
Haha,,, maaf.. ini buku yang setidaknya harus dipunyai wat CHEM II,, dan blok2 selanjutnya.. kenapa?? Di blok CHEM ini kalian akan melakukan praktikum biokimia, dan buku ini adalah salah satu buku yang bisa jadi pegangan buat bahan laporan kalian.. Jadi at least,, lebih baik punya.. Saya sih ga punya,, tapi temen kos saya punya, jadi bisa pinjem.. hehehhe

BHL I
Nah, mungkin ini blok baru bagi kalian. Blok ini membahas tentang isu-isu etik seputar kedokteran. Dari segi dokter, pasien, keluarga, dan lingkungan sekitar. Sebenernya di blok ini ga usah punya buku juga bisa,, saya juga soalnya ga punya buku pegangan khusus wat blok ini.. hehe. Tetapi, dari kawan2 saya yang aktif di PBL, buku buat BHL sih buku seputar etika kedokteran saja, salah satunya (kalau ga salah judul) Etika & Hukum Kedokteran & Kesehatan. (sampul coklat kalau ga salah).. Lumayan buat bahan PBL,, jadi ngomong ga asal pendapat, tapi ada acuan pasal.. hehehe

Oh iyaa,, buat tempat beli, buat yang deket ke Bandung, bisa mampir di Palasari.. banyak toko2 buku kedokteran di sana.. buat yang deket ke Yogya,, ada Shopping tuhh,,

Oh iyaa,, ada tambahan juga nih.. beberapa buku yang sebenernya untuk semester 2 belum banyak dipakai,, tapi amat sangat penting buat semester 3 dan semester berikutnya nanti.. Maksud saya, kalau yang mau beli, mending borong sekalian aja biar ga capek belinya.. Nih beberapa buku tambahan..

  1. Patofisiologi SYLVIA-PRICE (PENTING!!)
Sebenernya buku patofis tuh banyak,, tapi saya prefer ke ini karena bahasanya enak,, dan pembahasannya jelas. Buku ini membahas tentang penyakit-penyakit yang umum muncul di masyarakat. Penting banget buat PBL dan penting buat yang mau jadi master Patofisiologi (hehehehee...),, Buku ini ada dua jilid, dan tiap bab dibagi berdasarkan sistem organ.. Biar yang bacanya mudeng,, pertama-tama dibahas dulu fisiologi tiap sistem secara singkat,, baru deh patogenesis (bagaimana agent bisa masuk dan berkembang di tubuh) dan patofisiologi (fungsi sistem tubuh apa saja yang dirusak oleh agent dan bagaimana ia merusaknya)

2. Atlas HISTOLOGI Di Fiore
Buku ini sesuai judulnya, yaitu kumpulan gambar histo yang dibagi setiap organ. Buku ini sebenernya cukup urgent juga buat BSHB, yang ada praktikum histo-nya (tapi saya waktu itu belum punya,, tapi alhamdulillah histo bisa lulus. Hehe) Buku ini membahas gambaran tiap jaringan, dan disertai korelasi fungsional bagian-bagian yang penting. Nah, jadi belajar histo bukan cuma belajar gambar doang, tapi juga dipahami maksud gambarnya.. hehehe

3. Kapita Selekta Kedokteran FK UI
Ini buku pegangan koas dan dokter sebenarnya. Buku ini berisi pembahasan secara singkat tapi komprehensif tentang penyakit2 yang jamak di Indonesia, beserta urutan penegakkan diagnosis, dan tata laksana yang lengkap. Terdiri dari dua jilid. Kalau saya sih, buku ini bagus banget wat belajar mengenali penyakit2 yang jamak di masyarakat. Memang bahasanya klinis banget, namanya juga ringkasan,, tetapi sangat komprehensif dan bisa dijadikan panduan penanganan suatu penyakit.

4. IPD FK UI (PENTING!!)
Haha, ini juga buku yang penting.. Membahas penyakit dalam yang sering muncul di masyarakat.. Buku yang sangat pas dijadikan bahan PBL. Di buku ini dibahas dari definisi, patogenesis, langkah diagnosis, diagnosis banding, sampai penatalaksanaan penyakit. Komplit dah.. dan bahasanya juga tidak terlalu rumit.

5. Farmakologi dan Terapi FK UI
Buku ini membahas farmakodinamik dan farmakokinetik obat-obatan berdasarkan golongan obatnya. Cukup lengkap, dengan bahasa yang menurut saya tidak terlalu susah tuk dipahami. Buat yang pengen tahu mekanisme kerja obat buat bahan PBL ma SOCA juga,, buku ini boleh dibaca.. hehee

6. MIMS atau ISO
Sejujurnya, saya belum pernah baca buku ini, atau buka buku ini.. Tapi menurut teman saya yang punya, dan beberapa dokter, buat yang mau nguasain obat, termasuk obatnya kapan digunakan, dosis pastinya seberapa, buku ini bisa jadi rujukan tepat.

7. Patologi Robins-Kumar
Buku ini membahas tentang penyakit-penyakit, mulai dari definisi, patogenesis dan patofisiologi, dan sampai penatalaksanaan. Buku ini adalah buku pegangan buat praktikum Patologi Anatomi. Juga bisa jadi buku sumber bahan PBL. Sejujurnya, saya sih jarang banget buka buku ini walaupun punya. Bukan karena bahasanya susah, atau pembahasannya terlalu rumit, tetapi saya lebih suka ke IPD ma Sylvia aja.. Hanya, beberapa temen saya yang sering ngomong di PBL,, banyak yang pakai buku ini juga sebagai sumber.. Jadi, at least boleh dimiliki..

Nah, mungkin segitu aja sih saran saya buat angkatan 2010. Kalau masih bingung, bisa nanya ke kakak kelas yang lain.. Oh ya,, buat temen2 yang saya tag, yang 2009 ma 2008, kalau ada saran dan tulisan yang salah, mohon dibenerin ya biar ga menyesatkan angkatan baru-baru nih.. hehehee

Pesen juga nih,, rajin2 belajar, jangan kayak saya,, males2an jadinya sekarang sering ga lulus ujian karena basic di BSHB nya kurang.. Terus jangan lupa rajin ibadahnya, shalat dan ngaji buat yang agama Islam.. Berdoa juga penting,, karena manusia tuh cuma bisa merencanakan, tapi Allah, Tuhan YME, yang berkehendak..

Semangat ya adik-adik kelasku!!

Wass.wr.wb

(Note: buat angkatan 2010, karena ga semuanya saya tag, dikarenakan di friend saya ga banyak anak2 2010,, tolong buat temen2nya yang perlu info ini, LINK note nya di COPY ke temen2 nya yahh.. makasih, syukron jzk)
LanDjuUdt... - buku-buku usulan dari kakak kelas

bayaran bayaran

Mengingatkan pada teman-teman bahwa pembayaran  18-31 januari 2011 melalui
  1. BNI (menu SPC) 
  2. Mandiri
  3. BTN

daftar tagihan bisa dilihat disini

kalo tidak sesuai hubungi sub bagian registrasi dan statistikdengan membawa bukti-bukti pembayaran



LanDjuUdt... - bayaran bayaran

Wednesday, December 22, 2010

OPEN RECRUITMENT BEM KBMK UNSOED

Rekan-rekan FK UNSOED angkatan 2010, bagi yang ingin bergabung di BEM KBMK UNSOED silakan mengisi formulir yang bisa di download di sini

soft copy kirim ke uwee_luphbrazil@yahoo.co.id atau fakhrunnisadera@yahoo.co.id maks hari senin
hard copy dikumpulkan ke mba dera  085294674988 maks hari selasa

jika ada yang ingin ditanyakan hubungi doni pak ketan

maturnuwun
LanDjuUdt... - OPEN RECRUITMENT BEM KBMK UNSOED

22 desember

22 Desember..

Ibu

kalau aku merantau lalu datang musim kemarau
sumur-sumur kering, daunan pun gugur bersama reranting
hanya mata air airmatamu ibu, yang tetap lancar mengalir

bila aku merantau aku ingat sedap kopyor susumu dan ronta kenakalanku
di hati ada mayang siwalan memutikkan sari-sari kerinduan
lantaran hutangku padamu tak kuasa aku bayar

ibu adalah gua pertapaanku
dan ibulah yang meletakkan aku di sini
saat bunga kembang menyerbak bau sayang ibu menunjuk ke langit,
kemudian ke bumi

aku mengangguk meskipun kurang mengerti
bila kasihmu ibarat samudra

sempit lautan teduh tempatku mandi,
mencuci lumut pada diri tempatku berlayar,
menebar pukat dan melempar sauh lokan-lokan,
mutiara dan kembang laut semua bagiku

kalau aku ikut ujian lalu ditanya tentang pahlawan
namamu ibu, yang akan kusebut paling dahulu
lantaran aku tahu engkau ibu dan aku anakmu
bila aku berlayar lalu datang angin sakal

Tuhan yang ibu tunjukkan telah kukenal

ibulah itu , bidadari yang berselendang bianglala
sesekali datang padaku
menyuruhku menulis langit biru dengan sajakku

1966
D Zawawi Imron



happy birthday juga untuk teman kita Indra Jati Laksana













dan juga Fiyayanti Fahma

 semoga apapun yang kalian inginkan bisa terwujud, dan semoga dengan bertambahnya umur ini kalian bisa menjadi anak yang soleh dan soleha, tambah pinter, baik, banyak temen, dan yang jelas kelak menjadi dokter yang hebat.. AMIIIIINNNN......

video

adanya cuma videonya fiya, maap ya ndra,hehe
LanDjuUdt... - 22 desember
Free Counters
Get Your Free Counters